Kerajinan Tangan Dari Bambu: Puluhan Ide Kreatif Menghias Rumah Dengan Bambu

22 Sep
0

Kerajinan tangan dari bambu merupakan sebuah wujud kreatifitas masyarakat yang memanfaatkan batang bambu yang memiliki sifat kuat nan fleksibel, menjadi suatu produk akhir yang berguna bagi kehidupan serta enak dipandang mata.

Mengapa Membuat Kerajinan Tangan dari Bambu

Sejak zaman dulu, para leluhur bangsa Indonesia telah memanfaatkan tanaman bambu dalam kehidupan sehari-hari mereka. Mulai dari tempat tinggal, peralatan memasak, peralatan makan, peralatan bangunan, bahkan dijadikan senjata untuk mengusir penjajah.

Salah satu pemanfaatan penggunaan bambu yang masih digunakan hingga kini adalah kerajinan anyaman. Kerajinan anyaman bambu di Indonesia banyak sekali jenis dan macamnya. Setiap daerah memiliki jenis anyaman bambu sendiri.

Motif anyaman bambu setiap daerah pun berbeda-beda, tergantung dari adat dan budaya yang berkembang di daerah tersebut. Namun, ternyata tidak semua jenis bambu bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan, lho. Hanya bambu-bambu dengan spesifikasi tertentu saja yang dapat dijadikan sebagai kerajinan tangan –termasuk anyaman bambu.


Kelebihan dan Kekurangan Bambu

Berbagai jenis kerajinan tangan dari bambu atau bahkan bangunan dan infrastruktur dari bambu, dikarenakan terdapat beberapa keuntungan dalam pemakaian bambu, antara lain:

  • Berat jenisnya lebih ringan daripada kayu
  • Mudah dalam pengerjaan
  • Mudah dalam penyambungan
  • Biaya yang relatif murah
  • Kuat dan tahan terhadap gempa
  • Mempunyai daya lentur yang tinggi

Meskipun demikian, bambu juga memiliki beberapa kekurangan, yakni:

  • Kurang kuat terhadap beban tekanan besar
  • Tidak memiliki ketahanan melawan rayap dan serangga lainnya
  • Rentan terhadap perubahan cuaca
  • Mudah lapuk
  • Gampang terbakar

Jenis Bambu yang Digunakan untuk Membuat Kerajinan Tangan dari Bambu

Sebelum kita mengulas kerajinan tangan dari bambu, mari kita mengenal jenis bambu yang bagus untuk dibuat kerajinan tangan terlebih dahulu.

Memang ternyata tidak semua jenis bambu dapat dijadikan sebagai kerajinan tangan. Bukan berarti sama sekali tidak bisa, hanya saja ditilik dari segi kualitasnya, terdapat setidaknya dua jenis bambu yang bagus untuk kerajinan tangan. Apa saja itu?

1. Bambu Tali (Gigantochloa apus)

kerajinan tangan dari bambu

Bambu tali dikenal juga dengan nama bambu apus, pring tali, atau awi tali. Kalau dilihat dari bentuk tanamannya, bambu tali membentuk rumpun yang rapat dan dapat tumbuh hingga 20 meter.

Alasan bambu tali digunakan sebagai bahan kerajinan tangan adalah, karena bambu tali memiliki batang yang kuat, lurus, dan juga liat (lentur). Karena kualitasnya yang bagus, bambu jenis ini juga dimanfaatkan sebagai bahan baku alat musik.

2. Bambu Wulung (Gigantochloa atroviolacea)

kerajinan tangan dari bambu

Bambu wulung disebut juga bambu hitam, pring wulung, pring ireng, atau awi hideung kalau di Sunda. Sudah jelas dong, bambu wulung memiliki warna yang agak kehitaman.

Di daerah Jawa Barat, kita mengenal alat musik angklung. Nah, tahukah kamu, bahwa bahan baku pembuat angklung adalah bambu wulung? Selain angklung, alat musik gambang dan calung juga dibuat dengan bambu wulung.

Di samping itu, bambu wulung dapat juga dimanfaatkan sebagai bahan mebel dan bahan kerajinan tangan lainnya. Pernah melihat jenis anyaman bambu yang memiliki corak anyaman gelap dan terang? Nah, corak anyaman yang gelap itu adalah jenis bambu wulung.


Macam-macam Kerajinan Tangan dari Bambu

1. Pot Tanaman

kerajinan tangan dari bambu

Dengan warna naturalnya yang mencolok, yakni hijau maupun kuning, bambu dapat memberikan sensasi warna kontras terhadap warna-warni tanaman yang ada di dalamnya. Produk kerajinan tangan dari bahan bambu satu ini memberikan opsi bagi kamu untuk mengoptimalisasikan keindahan warna-warni tersebut tidak hanya di permukaan tanah, tapi juga di udara.

Caranya adalah dengan membelah batang bambu ukuran besar lalu isilah dengan tanaman kecil yang warna-warni guna mencapai keindahan yang hakiki.

2. Tralis

kerajinan tangan dari bambu

Adanya tanaman rambat dalam komposisi tanaman di taman adalah sebuah kewajiban. Tergantung media rambatnya, tanaman rambat dapat menghadirkan nuansa baru untuk spot-spot di tamanmu yang terlihat membosankan, seperti dinding atau pagar.

Caranya cukup mudah, yakni menyediakan beberapa bambu dengan ukuran yang sama, lalu disusun sedemikian rupa seperti tralis, lalu diikat tali atau kawat agar kuat. Untuk jenis tanaman rambatnya, anda bisa mencoba tanaman sirih merah, mandavela, morning glory, bougenvil, melati irian, bunga clementis, atau bunga air mata pengantin.

3. Talang Air

kerajinan tangan dari bambu

Bentuk bambu yang menyerupai tabung membuatnya mampu mewadahi aliran air dengan baik. Meski jarang digunakan, pemanfaatan kerajinan tangan dari bambu satu ini mampu menambah estetika rumahmu dengan suasana yang natural. Meskipun demikian, patut diperhitungkan bahwa karena mudah lapuk, talang air dari bambu ini tak akan bertahan begitu lama.

4. Lonceng Angin

kerajinan tangan dari bambu

Salah satu atribut spesial dari genta/lonceng bambu ini adalah suara unik yang dihasilkan. Lonceng dari bambu sebagai salah satu kerajinan tangan dari bahan bambu memiliki suara yang jauh lebih lembut daripada lonceng angin yang terbuat dari besi.

5. Lampu Taman

kerajinan tangan dari bambu

Batang bambu yang lurus dan kuat membuatnya cocok dijadikan sebagai tiang lampu untuk penerangan outdoor. Kamu bisa memasangnya di sekitaran taman atau di pinggir kolam renang seperti gambar di atas.

6. Sekat Kamar Mandi Outdoor

kerajinan tangan dari bambu

Mandi di alam terbuka tentunya terasa sangat nikmat. Nuansa sejuk dan segar akan memberikan sensasi tersendiri saat kita membasuh diri. Tapi hati-hati ada yang mengintip! Nah, untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa menggunakan bambu yang kamu susun rapat sebagai sekat agar kamar mandi alami-mu tetap tertutup.

7. Kursi Taman

kerajinan tangan dari bambu

Mungkin di rumah kamu juga terdapat beberapa furniture yang terbuat dari bahan bambu, seperti kursi, meja, atau bahkan lemari. Memang deh ya, pesona tanaman bambu tidak pernah habis dimakan zaman.

Meski zaman sudah semakin maju, namun minat masyarakat terhadap perabotan rumah dari bambu tidak ada habisnya. Buktinya, hingga kini kerajinan tangan furnitur dari bambu masih banyak dicari oleh masyarakat. Banyak pengusaha mebel di Indonesia yang juga melayani pemesanan furniture dari bambu ini.

8. Dinding

kerajinan tangan dari bambu

Bosan dengan dinding rata yang begitu-begitu saja? Barangkali kerajinan tangan dari bambu satu ini bisa memberikan nuansa baru untuk bagian dalam rumahmu. Pilihlah batang-batang bambu yang halus, lalu lapisi dengan pelitur, dan kamu tinggal menatanya untuk menutupi dindingmu.

9. Bingkai Foto

kerajinan tangan dari bambu

Kalau kamu ingin memberi sebuah ruangan kesan yang serba bambu, cobalah untuk membingkai foto atau lukisan yang ada di dalam ruangan itu dengan bingkai foto yang terbuat dari bambu.

Tidak seperti bingkai foto kayu dengan banyak ukiran yang harganya mahal, bingkai foto bambu umumnya memiliki harga yang lebih murah dibanding bingkai-bingkai berbahan kayu maupun aluminum. Dari segi estetika, dapet banget!

10. Gerbang Taman

kerajinan tangan dari bambu

Sebenarnya kamu bisa membuat pagar taman dari apa saja. Akan tetapi, berkat nuansa hijau/kuning dari bambu yang mencerminkan nuansa yang damai, penggunaan bambu sebagai gerbang tamanmu akan memberikan impresi tersebut bagi para pengunjung.

11. Pancuran Air

kerajinan tangan dari bambu

Pancuran air merupakan cara sempurna untuk menambahkan Zen kecil pada rumah anda, yang membawa keindahan, ketenangan, dan nuansa alam pada saat Anda masuk ke dalam rumah. Ini merupakan proyek mudah yang membutuhkan beberapa teknik atau peralatan dan dapat anda selesaikan sendiri hanya dalam beberapa jam.

12. Railing/Pagar Taman

kerajinan tangan dari bambu

Pembuatan hiasan taman satu ini cukup simple. Kuncinya adalah kamu harus memilih bambu yang tebal dan kuat agar awet. Kamu cukup melubangi bagian atas bambu untuk dilalui tali tambang. Nuansa railing dan tekstur bambu ini dapat menghasilkan detil yang menawan meskipun cara pembuatannya terbilang simpel. Untuk finishing yang mantap, kamu bisa lapisi bambumu dengan pelitur.

13. Rumah Burung

kerajinan tangan dari bambu

Tidak hanya bermanfaat bagi manusia, kerajinan tangan dari bambu ini juga bisa kamu manfaatkan untuk burung peliharaan kesayangmu lho. Dengan bahan dasar yang lebih murah daripada kayu, kamu bisa menghemat dana untuk menghasilkan rumah yang nyaman bagi burung-burung ini.

14. Pagar Rumah

kerajinan tangan dari bambu

Pagar selain mempunyai fungsi sebagai pelindung juga bisa sebagai pembatas wilayah, terlepas dari itu pagar juga bisa sebagai aksesoris untuk mempercantik tampilan hunian kita, jika melihat dari bahan material yang di gunakan pagar bisa terbuat dari batu bata, besi, kayu maupun bambu, pada model rumah minimalis sendiri banyak jenis pagar yang bisa kita pakai, lalu bagiamana pagar yang bagus untuk rumah minimalis?

Setiap rumah pasti memiliki model dan desain sendiri oleh karena itu tentunya jenis pagarpun perlu di sesuaikan agar selaras. Namun bagi anda yang ingin menambah kesan natural pada rumah anda, tidak ada salahnya jika anda mencba pagar rumah yang bermaterial bambu, banyak jenis bambu yang bisa kita gunakan untuk mempercantik rumah dari segi eksterior, misalnya bambu kuning maupun bambu petung.

15. Rangka Sepeda

kerajinan dari bambu

Yang satu ini juga antimainstream nih. Sepeda yang terbuat dari bambu. Pembuatnya adalah Kang Gunawan dan Kelompok Haur yang berasal dari Bandung. Bambu yang digunakan bukan bambu sembarangan, melainkan bambu jenis haur. Kerennya lagi, kini produk sepeda mereka juga sudah banyak dipasarkan ke mancanegara. Wah, salut!

16. Seruling

kerajinan tangan dari bambu

Suling atau juga biasa disebut seruling adalah merupakan alat musik yang terbuat dari bambu buluh. Suling ada dua macam yaitu suling Indonesia dengan noot do, re mi dan seterusnya dan suling Sunda dengan noot da, mi, na dan seterusnya.

17. Gerobak

kerajinan tangan dari bambu

Kamu perlu membawa sesuatu dalam jumlah banyak dan efisien? Dengan harga yang murah dan cara yang mudah, kamu bisa menggunakan bambu untuk membuat semacam gerobak yang nantinya bisa dikaitkan dengan sepeda atau motormu.

18. Gorden

kerajinan tangan dari bambu

Sifat bambu yang kuat bisa kamu manfaatkan sebagai palang untuk gorden, alih-alih menggunakan bahan besi atau plastik. Warna dan tekstur bambu yang natural juga dapat memberikan nuansa natural ke interior rumahmu.

19. Bingkai Cermin

kerajinan tangan dari bambu

Siapa sih yang tidak suka bercermin? Meskipun bukan menjadi hobi, tapi cermin penting sekali lho, karena pastinya kita perlu memastikan penampilan kita menarik sebelum bepergian. Nah, bambu ini bisa kamu gunakan sebagai bingkai cermin agar aktivitas bercerminmu menjadi tidak membosankan.

20. Vas Bunga

kerajinan tangan dari bambu

Untuk anda yang menyukai nuansa natural dalam rumah anda, anda bisa menggunakan rotan, bambu, atau kayu untuk hiasan rumah. Pilih bambu yang besar agar bisa meletakkan bunga, lalu tata sedemikian rupa dan dihias agar terlihat cantik ketika diisi bunga.

21. Tatakan Meja

kerajinan tangan dari bambu

Cara membuat meja seperti ini cukup mudah. Kerajinan tangan dari bambu satu ini menggunakan berbagai jenis yang berbeda untuk memberikan variasi warna yang ciamik. Potong semua batang bambu ini menjadi ukuran yang sama, lalu susun dengan padat dan diikat erat, lalu letakkan kaca di atasnya dan di lem.

22. Tempat Lilin

kerajinan tangan dari bambu

Warna kayu bambu yang natural dapat menjadi sangat indah bila dipadukan dengan cahay natural dari api lilin. Cukup memotong bambu ukuran lebar dan meletakkan lilin kecil di dalamnya.

23. Ayunan

kerajinan tangan dari bambu

Dekorasi semacam ayunan tentunya menjadi dekorasi taman yang asik dan juga mainan yang menarik untuk anak anda. Mainan ayunan dari bambu ini dapat menjadi contoh kerajinan tangan yang menyenangkan bagi keluarga.

24. Pembatas Tanaman

kerajinan tangan dari bambu

Tentunya kamu tidak mau apabila tanamanmu yang indah itu terinjak-injak kan? Nah kamu bisa memanfaatkan bambu sebagai pagar tanaman agar orang-orang tahu batas antara halaman dan tamanmu yang penting.

25. Alat Makan

kerajinan tangan dari bambu

Kalau panda memakan bambu, kamu jangan mau kalah! Bukan berarti kamu lantas harus makan bambu, tapi kamu bisa memanfaatkan bambu sebagai alat makan lho. Butuh keahlian mengukir dan memahat untuk menghasilkan alat makan dari bambu yang aman untuk digunakan.

26. Partisi Ruangan

kerajinan tangan dari bambu

Sejatinya, tekstur bambu memiliki nuansa yang sangat khas dan bisa memperindah interior rumahmu apabila ditata dengan benar. Batang bambu yang besar-besar bisa kamu manfaatkan menjadi pemisah ruangan.

27. Lampu Hias

kerajinan tangan dari bambu

Memang kedengarannya lucu; kalau zaman dulu, orang memanfaatkan tanaman bambu sebagai tempat obor, kini orang memanfaatkan tanaman bambu juga sebagai alat penerangan, yaitu lampu hias.

28. Lampu Kamar

kerajinan tangan dari bambu

Dengan harga yang relatif murah, serta desain yang unik dan memiliki kesan mewah, membuat permintaan pasar akan lampu kamar dari bambu ini terus naik. Ini menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan di kalangan para pengerajin bambu.

29. Payung

kerajinan tangan dari bambu

Pembuatan paying tradisional tetap mempertahankan bahan dasarnya yaitu Bambu dan Kertas atau Kain. Hal tersebut dilakukan walaupun payung peninggalan leluhur telah mengalami banyak perubahan dalam cara pembuatannya.

Saat ini pembuatan payung telah menggunakan mesin-mesin seperti pemotong bilah bambu, mesin pengepress, dan lainnya untuk mempermudah dan memperbanyak proses produksi, serta dapat mempercerpat pembuatan payung.

30. Boneka

kerajinan tangan dari bambu

Jepang memang memiliki banyak inovasi, tak hanya dalam hal teknologinya tapi juga dalam hal kerajinannya, salah satunya adalah boneka bambu, pada umumnya para pengunjung  negeri sakura Jepang senang membeli oleh oleh  boneka yang dibuat dari bambu, boneka ini adalah boneka yang dibuat dengan cara dipotong miring untuk memberikan efek sebuah lembaran baju.

Boneka bambu  di jepang dibuat karena terkait dengan ritual/festival boneka  yang disebut  Hinamatsuri yang diadakan setiap tanggal 3 Maret.

31. Kaligrafi

kerajinan tangan dari bambu

Mustamil asal Jombang berhasil menyulap bambu menjadi karya seni kaligrafi bernilai ekonomi tinggi. Karena unik dan berestitka, hasil karyanya banyak dibeli orang dan cepat berkembang. Kini pangsa pasarnya tak hanya di Jombang atau wilayah Jawa Timur saja, melainkan beberapa daerah di luar Jatim. Bahkan, mampu menembus pasar manca negara diantaranya Eropa dan Asia.

32. Angklung

kerajinan tangan dari bambu

Angklung adalah alat musik yang terbuat dari pipa-pipa bambu, yang dipotong ujung-ujungnya, menyerupai pipa-pipa dalam suatu organ, dan diikat bersama dalam suatu bingkai, digetarkan untuk menghasilkan bunyi.


Secara umum, berbagai jenis kerajinan tangan dari bambu di atas dapat dibuat oleh siapapun menggunakan alat tertentu. Ada yang bisa dibuat dengan menggunakan alat biasa seperti gergaji, martil, dan sebagainya. Namun untuk kemudahan pengolahan bambu, anda dapat menggunakan berbagai mesin pengolah bambu, antara lain, mesin pemotong bambu, mesin pembelah bambu dan mesin irat bambu.

Sumber : https://www.rumahmesin.com/kerajinan-tangan-dari-bambu/