Air minum kemasan sudah menjadi barang wajib kita dalam menemani segala aktivitas sehari-hari. Murah dan praktis menjadi alasan untuk memimilih air minum kemasan daripada membawa botol air minum sendiri. Akhirnya botol kemasan tersebut dibuang begitu saja, begitupula dengan tutupnya.

Sementara kita dengan mudahnya membuang tutp botol begitu saja, ada sebagian orang yang memanfaatkan limbah tersebut untuk disulap menjadi berbagai barang kerajinan yang bisa dijual dengan harga mahal. Berikut adalah beberapa jenis kerajinan tangan yang bisa kamu buat dari tutp botol.

Percantik Tampilan Kamu dengan Kalung drai Tutup Botol

Kalung dari Tutup Botol
pawsrcharming.com

Tutup botol merupakan limbah yang sulit untuk diurai oleh tanah. Salah satu memusnahkannya hanyalah dengan dileburkan dengan suhu yang cukup tinggi. Nah, agar tidak menjadi sampah yang menumpuk sebaiknya kamu mendaur ulang tutp botol menjadi perhiasan.

Salah satu perhiasan yang bisa dibuat dari tutup botol adalah kalung. Caranya cukup mudah kok, kamu hanya perlu membersihkan tutup botol kemudian kamu bisa menambahkan hiasan pada bagian tengahnya menggunakan stiker atau manik-manik.

Nah agar makin unik tambahkan aksesoris tambahan serta tali dari benang ataupun rantai kecil. Kamu bisa tampil gaya dengan kalung hasil kreasi kamu sendiri, dijamin gak ada yang sama deh :).

Dekorasi Meja dengan Tutup Botol

Meja Dekorasi dari Tutp Botol
id.pinterest.com/askurtun

Bingung memilih dekorasi untuk rumah? Pengen punya perabotan yang unik dan mewah? Mungkin kreasi dari tutup botol ini bisa menjadi alternatif untuk kamu.

Banyaknya limbah tutup botol yang ada di lingkungan sekitar bisa kamu manfaatkan sebagai dekorasi meja hias. Salah satunya adalah meja kaca yang ada pada gambar.

Kamu cukup meletakan beragam tutup botol ke dalam meja yang atasnya telah ditutup dengan kaca sehingga bisa dilihat berbagai kumpulan tutup botol yang menimbulkan kesan klasik.

Bottlecap Coasters

Alas Mangkuk dari Tutup Botol
sadtohappyproject.com

Kreativitas memang tiada batas, mungkin itulah hal yang bisa menggambarkan kreasi yang bisa dibuat dari tutup botol. Bagaimana tidak, benda yang dianggap tidak berguna dan menjadi sampah bisa disulap menjadi benda yang memiliki nilai seni yang tinggi.

Kamu bisa memanfaatkan tutup botol untuk dijadikan alas gelas atau cangkir. Caranya cukup mudah, yakni kamu hanya perlu merangkai tutup botol dengan menggunakan kawat.

Replika Ikan dari Tutup Botol

Replika Ikan dari Tutup Botol
topdreamer.com

Nah, kreasi dari barang bekas yang satu ini tidak kalah keren dengan sebelumnya. Yups, kamu bisa menyusun tutup botol untuk dijadikan replika ikan hias.

Memang tidak mudah, tetapi dengan kreativitas dan kesabaran kamu bisa menyusun tutup botol menjadi sisik ikan. Agar terlihat lebih menarik kamu bisa mengumpulkan berbagai warna tutp botol kemudian menyusunnya menjadi satu.

Artikel Terkait :  Kerajinan Ayaman Bambu dengan Cara Membuatnya

Anting Hias dari Tutup Botol

Anting Hias dari Tutup Botol
topdreamer.com

Kamu pasti tidak akan mengira bukan kalau tutp botol bsa dibuat menjadi perhiasan yang unik dan terlihat elegan. Ya, hanya dengan sedikit kreativitas kamu bisa membuatnya sendiri.

Dengan menggunakan perhiasan ini kamu akan terlihat lebih elegan dan tentu akan menambah kepercayaan diri kamu.

Tempat Perhiasan Unik dari Barang Bekas

Tempat Perhiasan Unik dari Barang Bekas
my-creativeway.com

Kebanyakan wanita memiliki perhiasan yang disimpan di lemari. Tapi tidak sedikit yang menyimpannya sembarangan sehingga ketika akan mengunakannya sibuk mencarinya.

Nah, agar hal itu tidak terjadi pada kamu, cobalah untuk membuat tempat menyimpan perhiasan dari tutup botol. Contoh tempat perhiasan bisa kamu lihat pada gambar di atas.

Hiasan Dinding dari Tutup Botol

Hiasan Dinding dari Tutup Botol
etsystatic.com

Rumah memang identik dengan lukisan dan hiasan mewah. Tapi untuk mendapatkan hiasan mewah tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah banyak. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan tutup botol.

Seperti kebanyakan lukisan yang lainnya kamu membutuhkan frame kemudian membuat pola lukisan. Pola lukisan bisa membuat pola pohon dengan menggunakan kawat. Setelah itu kamu bisa menempelkan tutup botl sebagai daun dan bunga dari lukisan pohonnya. Gimana, menarik bukan?

Bunga Hias dari Tutup Sedotan

Bunga Hias dari Tutup Sedotan
homesthetics.net

Biasanya bunga hias bisa dibuat dari plastik, sedotan, kertas dan juga kain flanel. Ternyata selain bahan yang disebutkan di atas, tutup botol juga bisa dibuat hiasan bunga.

Caranya cukup mudah, yakni dengan memipihkan tutup botol kemudian menyusunya menyerupai kelopak bunga. Kamu bisa menggunakan tutup botol dengan beragam warna sehingga akan menambah keindahan dari bunga yang dibuat.

Jam Dinding dari Tutup Botol

Jam Dinding dari Tutup Botol
craftionary.net

Jam dinding merupakan bagian dari dekorasi rumah yang tidak bisa dipisahkan. Penunjuk waktu ini menjadi salah satu aksesoris yang wajib ada di rumah. Meskipun fungsinya sudah banyak digantikan oleh peralatan elektronik lain tapi tanpa kehadirannya terasa kurang lengkap.

Kamu bisa membuat jam tangan unik dari tutup botol plastik. Dengan tampilan yang sederhana, jam dinding ini tampak elegan dan memberikan nuasa klasik pada ruangan kamu.

Pin Noted Magnet

Pin Noted
craftionary.net

Sering menggunakan mading untuk menempelkan catatan kecil ataupun berbgai target pekerjaan yang harus diselesaikan. Agar tidak terkesan garing kamu bisa menggunakan tutup botol sebagai gantinya.

Desain unik yang ada di belakang tutup botol bisa menjadi hiasan yang unik.

Sumber : https://sarungpreneur.com/kerajinan-tangan-unik/